KONSEP DASAR IMK (INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)
Latar
Belakang
Meningkatnya kebutuhan informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan mendorong
para ilmuwan untuk terus merancang dan mengembangkan komputer. Banyak sekali
perkembangan yang terjadi pada komputer, diantaranya :
·
Komputer yang awalnya berukuran besar dan mahal kini beralih
menjadi lebih kecil dan murah.
·
Komputer yang awalnya digunakan oleh orang-orang tertentu (scientists dan engineers)
kini digunakan oleh semua orang.
Selain itu juga dibutuhkan user
interface/man-machine interface yang
interaktif pada komputer agar nyaman digunakan oleh manusia.
Pada tahun 70-an user interface/man-machine interface, yaitu aspek-aspek sistem yang membuatuser dapat berhubungan langsung dengan sistem komputer, menjadi perhatian utama para peneliti serta perancang sistem. Perusahaan-perusahaan komputer berusaha memperbaiki tampilan agar menjadi user friendly.
Pada tahun 70-an user interface/man-machine interface, yaitu aspek-aspek sistem yang membuatuser dapat berhubungan langsung dengan sistem komputer, menjadi perhatian utama para peneliti serta perancang sistem. Perusahaan-perusahaan komputer berusaha memperbaiki tampilan agar menjadi user friendly.
Pengertian
IMK
IMK atau HCI (Human-Computer Interaction) adalah disiplin
ilmu yang berkaitan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem
komputer interaktif untuk digunakan manusia dan studi tentang
fenomena/aspek-aspek penting di sekelilingnya. Sedangkan interaksi manusia dan
komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan
oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir
yang diharapkan.
Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Tujuan
IMK
IMK bertujuan untuk membangun atau memperbaiki safety, utility (finctionality),
effectiveness, efficiency dan usability sistem yang berkaitan dengan komputer.
Faktor kemudahan pengoperasian (usability) menjadi konsep penting dalam IMK, meliputi :
Faktor kemudahan pengoperasian (usability) menjadi konsep penting dalam IMK, meliputi :
·
Learnability (ease or learn)
·
Throughput (ease of use)
·
Flexibility
·
Attitude
Untuk mencapai itu semua
dibutuhkan cara sebagai berikut:
1.
Memahami faktor-faktor yang berkaitan dengan bagaimana manusia
menggunakan teknologi komputer (psikologi, ergonomik, sosial dan organisasi).
2.
Membangun teknik-teknik dan tools untuk membantu perancang yakin bahwa sistem
komputer tersebut sesuai untuk aktivitas manusia yang akan menggunakannya.
3.
Mencapai interaksi yang efisien, efektif dan aman (baik
interaksi individual antara manusia dan komputer maupun interaksi kelompok).
Tantangan
IMK
Perubahan teknologi yang cepat, konflik dalam tujuan
perancangan, banyaknya komponen yang berbeda (termasuk area studi) menjadi
tantangan untuk membentuk IMK. Perancangan dituntut untuk mengikuti
perkembangan teknologi yang pesat serta menghasilkan IMK yang baik dengan
menggunakan fungsi-fungsi potensial teknologi baru.
IMK
Sebagai Bidang Interdisipliner
IMK dapat dikatakan sebagai salah satu bidang yang merupakan
gabungan dari berbagai bidang, yaitu:
·
Teknik Elektronika,
membantu kita untuk mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan perangkat
keras komputer.
·
Ilmu Komputer,
membantu kita untuk mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan perangkat
lunak komputer.
·
Psikologi, membantu kita untuk
memahami perilaku, persepsi, pengolahan kognitif dan keterampilan motorik
(psikologi kognitif dan perilaku). Juga memberikan dasar-dasar teknik evaluasi
formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini tentang sistem manusia dan komputer
(psikologi eksperimen).
·
Perancangan Grafis dan Tipologi,
menjadi salah satu kunci dalam menunjang keberhasilan sistem manusia dan
komputer seperti ungkapan "one
picture says more than thousands words".
·
Linguistik,
membantu untuk menjembatani kesenjangan antara bahasa manusia dan bahasa
komputer.
·
Ergonomi, berhubungan dengan
lingkungan fisik (komponen fisik, penataan tempat) yang dapat membantu kita
untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
·
Antropologi,
membantu merekomendasikan model kerja kelompok yang baik menggunakan sistem
komputer.
·
Sosiologi, membantu mengkaji
dampak sosial atas sistem manusia dan komputer.
Media
Antarmuka Manusia dan Komputer
·
Media Tekstual adalah bentuk sederhana dialog atau
komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang
menarik. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang
menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
·
Media GUI (Graphical User Interface) adalah bentuk dialog atau komunikasi antara
manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh
antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman
visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain)
Pengembangan
IMK
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan antarmuka
adalah:
·
Pemahaman tentang fungsi -fungsi mekanis manusia.
·
Informasi mengenai karakteristik dialog. Menyangkut ragam
dialog, struktur, materi (teks/grafis), tanggapan waktu dan kecepatan tampilan.
·
Penggunaan prototipe untuk mengukur tingkat usability rancangan antarmuka yang sedang
dibuat.
·
Teknik evaluasi terhadap prototipe, yang dapat berupa evaluasi
oleh pakar IMK, metode empirik dengan pengamatan langsung maupun metode survei
dengan wawancara secara terstruktur terhadap pengguna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar