Kamis, 09 Juni 2016

Dasar dasar IMK



KONSEP DASAR IMK (INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)

Latar Belakang

Meningkatnya kebutuhan informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan mendorong para ilmuwan untuk terus merancang dan mengembangkan komputer. Banyak sekali perkembangan yang terjadi pada komputer, diantaranya :
·                     Komputer yang awalnya berukuran besar dan mahal kini beralih menjadi lebih kecil dan murah.
·                     Komputer yang awalnya digunakan oleh orang-orang tertentu (scientists dan engineers) kini digunakan oleh semua orang.
Selain itu juga dibutuhkan user interface/man-machine interface yang interaktif pada komputer agar nyaman digunakan oleh manusia.

Pada tahun 70-an user interface/man-machine interface, yaitu aspek-aspek sistem yang membuatuser dapat berhubungan langsung dengan sistem komputer, menjadi perhatian utama para peneliti serta perancang sistem. Perusahaan-perusahaan komputer berusaha memperbaiki tampilan agar menjadi user friendly.

Pengertian IMK

IMK atau HCI (Human-Computer Interaction) adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia dan studi tentang fenomena/aspek-aspek penting di sekelilingnya. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.

Tujuan IMK

IMK bertujuan untuk membangun atau memperbaiki safety, utility (finctionality), effectiveness, efficiency dan usability sistem yang berkaitan dengan komputer.

Faktor kemudahan pengoperasian (usability) menjadi konsep penting dalam IMK, meliputi :
·                     Learnability (ease or learn)
·                     Throughput (ease of use)
·                     Flexibility
·                     Attitude
Untuk mencapai itu semua dibutuhkan cara sebagai berikut:
1.             Memahami faktor-faktor yang berkaitan dengan bagaimana manusia menggunakan teknologi komputer (psikologi, ergonomik, sosial dan organisasi).
2.             Membangun teknik-teknik dan tools untuk membantu perancang yakin bahwa sistem komputer tersebut sesuai untuk aktivitas manusia yang akan menggunakannya.
3.             Mencapai interaksi yang efisien, efektif dan aman (baik interaksi individual antara manusia dan komputer maupun interaksi kelompok).

Tantangan IMK

Perubahan teknologi yang cepat, konflik dalam tujuan perancangan, banyaknya komponen yang berbeda (termasuk area studi) menjadi tantangan untuk membentuk IMK. Perancangan dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang pesat serta menghasilkan IMK yang baik dengan menggunakan fungsi-fungsi potensial teknologi baru.

IMK Sebagai Bidang Interdisipliner

IMK dapat dikatakan sebagai salah satu bidang yang merupakan gabungan dari berbagai bidang, yaitu:
·                     Teknik Elektronika, membantu kita untuk mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer.
·                     Ilmu Komputer, membantu kita untuk mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan perangkat lunak komputer.
·                     Psikologi, membantu kita untuk memahami perilaku, persepsi, pengolahan kognitif dan keterampilan motorik (psikologi kognitif dan perilaku). Juga memberikan dasar-dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini tentang sistem manusia dan komputer (psikologi eksperimen).
·                     Perancangan Grafis dan Tipologi, menjadi salah satu kunci dalam menunjang keberhasilan sistem manusia dan komputer seperti ungkapan "one picture says more than thousands words".
·                     Linguistik, membantu untuk menjembatani kesenjangan antara bahasa manusia dan bahasa komputer.
·                     Ergonomi, berhubungan dengan lingkungan fisik (komponen fisik, penataan tempat) yang dapat membantu kita untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
·                     Antropologi, membantu merekomendasikan model kerja kelompok yang baik menggunakan sistem komputer.
·                     Sosiologi, membantu mengkaji dampak sosial atas sistem manusia dan komputer.

Media Antarmuka Manusia dan Komputer

·                     Media Tekstual adalah bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
·                     Media GUI (Graphical User Interface) adalah bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain)

Pengembangan IMK

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan antarmuka adalah:
·                     Pemahaman tentang fungsi -fungsi mekanis manusia.
·                     Informasi mengenai karakteristik dialog. Menyangkut ragam dialog, struktur, materi (teks/grafis), tanggapan waktu dan kecepatan tampilan.
·                     Penggunaan prototipe untuk mengukur tingkat usability rancangan antarmuka yang sedang dibuat.
·                     Teknik evaluasi terhadap prototipe, yang dapat berupa evaluasi oleh pakar IMK, metode empirik dengan pengamatan langsung maupun metode survei dengan wawancara secara terstruktur terhadap pengguna.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar